Pengertian SEO Dasar Yang Harus Blogger Pemula Ketahui!

Tags

Halo sobat blogger semua, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja bukan?
Apa itu SEO? Iya betul, tentu kata-kata tersebut sudah tidak asing lagi bagi sobat yang sudah lama ngeblog. dan mungkin setiap hari kita melakukan dan menerapkan dalam blog kita.

Namun, mungkin bagi sobat yang benar-benar masih baru dalam dunia blog, tentu ini terdengar sangat asing dan membingungkan bukan? Ini seperti yang saya rasain waktu pertama kali mengenal blog dulu, bahkan mungkin semua blogger juga seperti itu. Penasaran dan mencari informasi kesana-kemari untuk mencari apa sih sebenarnya itu SEO.

Oke langsung saja, pada artikel kali ini akan coba saya sampaikan pengertian SEO untuk sebuah situs web. Ini semua berdasarkan yang saya ketahui selama saya menjalani sebagai seorang blogger.

SEO

Pengertian SEO Dasar Untuk Pemula

Search Engine Optimization (bahasa inggris) atau biasa disingkat SEO, yang berarti optimasi mesin pencari. adalah serangkaian tehnik yang dilakukan supaya website menempati posisi terbaik di hasil pencarian, dalam hal ini tentunya Google. Dalam tehnik ini ada 2 optimasi yang harus kita lakukan, yaitu optimasi di dalam halaman website itu sendiri (onpage) dan diluar halaman situs web / blog (offpage) seperti mencari backlink dan lain sebagainya.

Jenis SEO terbagi ada 2, yaitu:
  • Black Hat SEO
  • White Hat SEO
 Penjelasannya :

Black Hat SEO yaitu serangkaian tehnik nakal untuk menipulasi 'menipu' argoritma mesin pencari di dalam halaman website. Contohnya seperti memberi banyak keyword di dalam halaman body website, kemudian memberi warna pada keyword-keyword tersebut yang serupa dengan warna latar website. Kualiatas dan infromasinya pun tidak relevan bagi pengunjung.

Biasanya blog yang menggunakan optimasi black hat SEO akan mudah cepat naik ke halaman pertama Google, namun tidak beberapa lama akan jauh turun drastis ranking-nya atau bahkan hilang dari hasil pencarian (SERP).

Sampai disini sudah sedikit paham ya sobat?
Saran saya, sobat jangan pernah memakai cara ini kalau sobat tidak benar-benar mengerti tentang SEO. Karena apa? Tehnik ini memang sangat di larang oleh Google, dan bila kedapatan website menggunakan tehnik tersebut, maka Google akan sungguh memberi hukuman pada website tersebut beruba banned. Apesnya lagi kalau blog sobat sampai diblokir dan tidak akan ditemukan oleh pengguna internet di hasil pencarian Google maupun search engine yang lain.

Jangan pernah coba untuk mengakali Google ya sobat. Ingat! Google itu perusahaan besar dan di dalamnya terdapat orang-orang pintar dibidangnya, dengan di orang-orang pintar di dalam sebuah team, tentu Google pinternya luar biasa.

White Hat SEO atau sering disebut natural SEO adalah serangkaian tehnik optimilisasi yang fokus pada pengoptimilisasian keyword. Tehnik ini bisa dilakukan dengan cara melalui meta tag, yaitu: title meta, meta discription tag, meta keyword tag, img alt tag dan juga body tag.

Jika Black Hat SEO merupakan tehnik SEO yang dilarang, sedangkan ini adalah kebalikannya dan justru sangat di anjurkan untuk sobat semua yang ingin optimasi blog-nya supaya bisa menempati posisi teratas di hasil pencarian Google.

Tehnik White Hat SEO ini akan memerlukan kesabaran untuk bisa melihat hasilnya. Namun sekali sobat berhasil melakukan optimasi natural SEO, maka blog sobat akan nangkring di halaman utama Google dan tidak akan mudah di geser oleh kompetitor sobat.

Namun untuk sekarang, dengan mengoptimalkan meta tag saja tidak cukup. Justru kalau kita salah dalam penerapan-nya bisa di anggap spam oleh Google maupun mesin pencari lainnya.

Jadi, apakah SEO itu susah ?
Baik, sebenarnya untuk menjawab seperti itu susah-susah gampang ya sobat. Begini maksudnya, dibilang susah itu karena kita belum mengetahui dan belum paham akan SEO. Tapi kalau kita sudah paham betul dan cara kerjanya pasti akan mudah dan gampang. Jadi kita harus banyak belajar dan bereksperimen langsung, karena susah bukan berarti tidak bisa dan yang bisa mengukur kemampuan kita ya diri kita sendiri.

Percaya saja kalau tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Kalau sobat sungguh-sungguh pasti bisa. Mereka saja bisa kenapa kita tidak? Algoritma mesin pencari yang selalu update, sehingga mengharuskan kita untuk selalu belajar SEO baik master maupun newbe. dan satu lagi karena tidak ada yang instan di dunia ini.

Lalu, apa semua web / blog membutuhkan SEO?

Tergantung ya sobat, harus melihat niche dan kegunaan web / blog tersebut. Kalau blog sobat itu topiknya tentang catatan pribadi, personal, dan humor. ini tidak perlu SEO melainkan sosial media saja sudah cukup. Tapi kalau website sobat untuk penjualan produk dan bisnis online, tentu ini akan membutuhkan SEO. Karena kita mempelajari SEO tidak lain ingin mengejar traffic bukan? Dengan banyaknya lalu lintas ke situs blos sobat, tidak bisa di pungkiri ini akan sangat bagus untuk bisnis sobat dan penjual akan selalu meningkat.

Kesimpulan :

Jadi SEO adalah tehnik yang harus dilakukan agar website bisa menempati posisi terbaik di halaman hasil pencarian Google, Yahoo, dan Bing. Dalam hal ini dimaksudkan supaya traffic blog tersebut meningkat dan lebih banyak pengunjung organik dari pada yang non organik.
Penerapan SEO pada blog pun tidak sembarangan, harus sesuai dengan apa yang sudah di anjurkan oleh algoritma mesin pencari. Ini berguna supaya hasil yang didapat oleh si pencari informasi di internet lebih relevan dan sesuai dengan apa yang mereka cari.

Sebagai refrensi jika sobat ingin belajar SEO, bisa dibeberapa website luar negri yang sudah jelas kredebilitas-nya. Sobat bisa kunjungi blog MOZ. dan jika ingin belajar mencari backlink yang berkualitas sobat bisa belajar di Backlinko. Dan untuk situs dalam negri sobat bisa belajar di SaungSEO. Semua website tersebut juga tempat saya mengalai ilmu SEO, dan mungkin juga blogger-blogger yang lain.

Saya pun juga bukan orang yang sempurna, jadi apabila ada kesalahan kata ataupun ada yang kurang dalam artikel pengertian dasar SEO ini, silahkan sobat tambah dan sampaikan melalu komentar dibawah ini.
Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat jangan lupa juga share artikel ini ke teman-teman sosial media sobat.


1 komentar so far

tak ramai blogger alert bab seo ni lagi2 yg maaih baru. saya juga masih belajar dan perlu ditunjuk ajar.

terimakasih atas perkongsian


EmoticonEmoticon