5 Hal Penting Untuk Memulai Blogging Sukses | Cocok Bagi Pemula

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk memluai blogging sukses. Kegiatan ngeblog bukan hanya sekedar membuat tulisan terus di posting. Namun juga bisa di bilang profesi untuk mendapatkan penghasilan, walaupun banyak juga yang karena hobi dan ingin menjaring silaturahmi sesama blogger di dunia maya.

Memulai Blogging Sukses
Kegiatan seperti ini tentu akan membutuhkan waktu, tenaga dan bahkan bisa sampai biaya yang tidak sedikit. Semua itu dilakukan demi kemajuan dan perkembangan blog tersebut. Namun apa jadinya jika Anda ngeblog tidak mempunyai tujuan, pasti ini akan berdampak sangat tidak baik untuk blog yang sedang Anda kelola nantinya.

Kalau hanya sekedar membuat blog saya rasa dalam waktu kurang dari 10 menit pun sudah jadi, syaratnya Anda harus sudah mempunyai / membuat akun gmail sebelumnya. Berdasarkan pengalaman saya pertama terjun di dunia blogging dan mungkin juga dirasakan sebagian besar blogger pemula, pertama ngeblog yaitu karena ingin meniru karena habis browsing membaca artikel di internet, atau mungkin mereka melihat temannya yang sukses dari ngeblog.

Semua itu tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Untuk menjadi blogger sukses yang bisa menghasilkan uang butuh kerja keras dan konsistensi yang tinggi. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai ngeblog. Agar nantinya Anda juga lebih mudah untuk mengembangkan blog Anda, dan yang paling penting waktu dan tenaga Anda tidak terbuang sia-sia hanya karena kegiatan ngeblog yang tidak mempunyai arah dan tujuan.

Berikut ini beberapa hal penting yang menurut saya benar-benar harus Anda perhatikan. Karena ini menyangkut sukses atau tidaknya blog Anda nanti di masa depan, jadi ya jika Anda tidak ingin menyesal di kemudian hari Anda harus memikirkan dengan matang hal tesebut dan baca artikel ini sampai habis untuk tahu apa saja hal penting tersebut.

 5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Untuk Memulai Blogging Sukses

1. Niat

Hal pertama yang paling penting adalah niat. Apa artinya sebuah pekerjaan jika tidak di awali dengan niat, tekat dan ikhlas dalam hati, tentu Anda akan sangat berat mengerjakannya. Sama halnya ngeblog, tanamkan niat dan tekat dalam diri Anda. Berjanjilah pada diri sendiri bahwa Anda ingin mengelola sungguh-sungguh blog yang ingin Anda bangun. Karena seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa ngeblog butuh konsistensi yang tinggi, dengan Anda berbekal niat serta tekat yang kuat, maka ini bisa menjaga konsistensi Anda ngeblog dalam kondisi apapun.

2. Tujuan

Niat saja tidak cukup, blog Anda harus punya arah dan tujuan. Sama halnya jika Anda ingin bepergian dengan mengendari mobil namun tidak mempunyai tujuan, tentu Anda hanya akan kesana kemari tidak jelas. Dan yang pasti ini akan membutuhkan bensin yang tentunya Anda juga rugi biaya yang cukup banyak. Maka memiliki tujuan ngeblog adalah hal yang menurut saya penting. Bertanyalah pada diri Anda sendiri kenapa saya ngeblog? dan jawablah pertanyaan tersebut dengan jawaban yang logis yang bisa membuat Anda bersemangat untuk mememulai ngeblog.

3. Menentukan dan Menganalisa Niche

Jika Anda ngeblog ingin menghasilkan uang, maka menentukan topik blog adalah hal yang tak kalah paling penting. Pilihlah topik yang paling banyak dicari oleh pengguna di internet, namun sedikit untuk tingkat kompetitor atau pesaing website lain yang membahas topik tersebut. Karena tidak semua topik itu rame banyak dicari orang. Anda bisa mencari topik rame popular atau topik yang sedang naik daun dibicarakan oleh banyak orang dengan menggunakan tool Google Trends.

Dalam hal ini saya sangat tidak menyarankan Anda untuk memaksa memilih topik yang tidak Anda kuasai. Pilihlah topik yang Anda sukai, misalnya hobi keseharian Anda. Atau saya sarankan Anda untuk mempelajari topik-topik yang polular tersebut sampai benar-benar Anda menguasainya. Tujuannya apa? yaitu agar Anda tidak kesulitan atau kehabisan ide untuk memulis artikel pada blog Anda nanti.

Ingat, tentukan hanya satu atau beberapa topik saja. walaupun membahas ada yang bilang membahas topik blog bisa mendatangkan banyak topik, namun saya tidak setuju dan saya rasa semua itu omong kosong. Coba lihat blogger-blogger yang telah sukses lebih dulu, mereka hanya membahas satu atau dua topik saja. Itu artinya jika blog Anda konsisten hanya dalam satu topik, maka itu lebih berpeluang blog Anda untuk sukses.

Blogger yang membahas banyak topik dan sukses itu karena mereka sudah menguasai belul dalam topik yang mereka bahas. Jika Anda belum mengusai banyak topik betul, jangan lakukan hal ini atau Anda akan menyesal dikemudian hari.

4. Menyiapkan beberapa Artikel Perdana

Setelah Anda menemukan topik yang cocok, buatlah beberapa artikel yang berhubungan dengan topik yang Anda pilih. Anda bisa membuat artikel salam pembuka yang isinya menceritakan tujuan Anda ngeblog, dan tentang apa yang ingi Anda bahas dalam blog itu nanti kedepannya. sepeti dalam blog ini saya menulis artikel welcome to my blog, Ini mirip seperti daftar isi, bedanya kalau halaman daftar isi jarang yang baca. Dan jika Anda membuatnya dengan judul yang menarik tentu juga berpeluang besar pengungung untuk membacanya.

Kenapa ini penting, karena dengan Anda mempunyai artikel tersebut, untuk kedepan Anda sudah mempunyai PR yang panjang untuk membuat konten serta Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan ingin memposting artikel tentang apa.

5. Pilih Domain

Memilih domain juga saya anggap penting, karena nama merupakan identitas diri Anda. Orang tidak mempunyai banyak waktu untuk menghafal alamat blog Anda, maka pilihlah domain yang simple dan mudah di ingat. Yaitu supaya nantinya pengunjung akan dengan mudah mengingat dan mengetik alamat blog Anda untuk berkunjung lagi. Anda bisa menggunakan subdomain TLD (Top Level Domain) untuk lebih mudah diingat, misalnya .COM .NET .WEB.ID .CO.ID atau .ID.
Dalam hal ini Anda bisa membeli di layanan penyedia domain, Anda bisa cari di internet dan sudah banyak tutorial yang membahasnya.

Kesimpulan

Jangan buang waktu berharga Anda sia-sia hanya untuk kegiatan blogging yang tidak jelas tujuannya. Maka dari itu pikirkan baik-baik lima hal penting di atas sebelum memulai kegiatan ngeblog Anda. Jika blog Anda sukses ataupun gagal di tengah jalan, tentu Anda sendiri bukan yang merasakan? Jadi daripada Anda ngeblog tidak punya tujuan, mending mencoba sesuatu yang lain dan lebih bermanfaat untuk Anda dimasa yang akan datang.

Sekian dulu artikel dari saya kali ini, Semoga bermanfaat khususnya bagi Anda yang baru ingin memulai blogging membuat blog. Semua hal di atas menurut pemahaman dan pengalaman saya, yang tentunya tidak luput dari kesalahan. Untuk melengkapi kekurangan tersebut, apa saja menurut Anda hal penting yang diperhatikan sebelum membuat blog, silahkan Anda tambahkan melalui komentar dibawah ini.
Terima kasih


EmoticonEmoticon