Pengertian Singkat dan Sejarah Blog

Pengertian dan sejarah singkat blog. Dari sekian banyak pengguna internet mungkin sudah mengetahui apa itu blog. Namun juga tidak sedikit yang belum tahu. Bagaimana langkah membuat blog, dan apa tujuan dari dari blog tersebut.

Yang sering saya ketehui, ada beberapa teman saya suka browsing mencari informasi di internet, tapi ketika saya tanya apa itu blog mereka tidak tahu. Padahal ya yang sering mereka baca di internet itu ya yang namanya konten dari sebuah blog (situs).

Untuk mengenal sejarah blog dan pengertiannya, tentu tidak akan banyak panjang lebar. Dalam artikel ini saya ingin mengulas asal mula blog secara singkat dan yang terpenting saja.

Pengertian blog
Blog adalah sebuah aplikasi untuk menulis catatan atau data yang sedang di pelajari seseorang di internet secara pribadi. Tujuannya supaya lebih mudah dibuka di kemudian hari.

Nah orang yang suka nulis di blog (situs) tersebut disebut dengan blogger, Nama blogger sendiri di ambil dari sebuah platform blog gratis terkenal yang disediakan oleh google.

Sejarah blog
Nama blog diambil dari kependekan weblog, John Barger adalah orang yang pertama kali menggunakan istilah blog pada tahun 1997.

Ini untuk menyebut kelompok website pribadi yang di update dengan tulisan-tulisan secara kontiyu dan disertai komentar untuk berinteraksi dengan pengunjung.

Dan juga disertakan link-link menuju blog (situs) lain yang menurut mereka lebih relevan. Isi atau tulisan-tulisan dalam situs blog itu disebut konten artikel atau postingan.

Sampai disini mungkin Anda sudah bisa memahami pengertian singkat apa itu blog. Dalam sebuah blog biasanya di isi dengan sebuah topik tertentu. Tetapi ada juga yang membahas banyak topik, biasanya blog teresebut di kenal dengan istilah blog gado-gado.

Karakter seorang penulis blog bisa dilihat dari topik yang meraka bahas, oleh sebab itu blog bersifat personal. Namun juga banyak blog yang kelola oleh sebuah tim, biasa blog ini menyajikan informasi-informasi dengan banyak topik.

Perkembangan Blog
Kalau dulu blog hanya digunakan sebagai catatan pribadi seseorang, Namun tidak dengan sekarang. Seiring dengan perkembangan internet di seluruh di dunia, blog saat ini juga banyak untuk kepentingan komersial.

Sebagai tempat berbagi informasi maupun solusi untuk promosi bisnis dan produk. Sampai ada juga yang ngeblog sebagai profesi full time ngeblog untuk menghasilkan uang, yaitu dengan edvertising / periklanan. 

Blogging
Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa blog bisa dijadikan pekerjaan. Sedangkan blogging adalah aktivitas seseorang yang setiap harinya mempelajari tentang blog. Blogging berarti sedang / lagi ngeblog.

Aplikasi blog sendiri ada banyak di internet, platform blog gratis yang mudah dalam penggunaannya diantaranya Blogger.com, WordPress.com, Mywablog, Tumblr, dll. kecuali untuk WordPress ada yang premium yang disebut WordPress Self Hosted. Namun yang paling popular yaitu tetep blogspot.

Kesimpulan
Jadi dalam kata lain, blog adalah wadah untuk menulis data pribadi seseorang yang suka menulis di internet. Namun dengan adanya perkembangan dalam dunia internet yang sangat meningkat, blog tidak hanya untuk menulis catatan pribadi.

Melainkan juga untuk berbagi informasi ataupun bisnis yang menghasilkan uang dari internet. Sangat cocok untuk sobat yang punya hobby menulis dan ingin menyalurkan bakatnya dengan cara ngeblog, agar karya tulisan sobat juga bisa dinikmati oleh banyak orang khususnya pengguna internet.

Demikianlah sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai sejarah singkat dan perkembangan blog sampai saat ini. Semoga bermanfaat serta terima kasih sudah berkunjung ke blog yang sederhana ini.


EmoticonEmoticon