Cara Membuat Email Gmail Terbaru Paling Lengkap

Cara membuat bikin email gmail baru memang bisa di katakan sangat mudah dan sederhana. Hanya dalam waktu 5 menit sudah jadi. Namun sebelum itu, saya ingin memberi penjelasan sedikit apa itu email gmail dan apa manfaat dari itu.

Buat Anda yang masih baru mengenal dan belum mengerti apa itu email ? Nama Email merupakan kependekan dari Elektronik Mail yang berarti Surat Elektronik, yaitu surat menyurat dalam dunia internet. Tujuannya untuk berkomunikasi antara satu orang dengan beberapa orang lainnya di seluruh penjuru dunia. Kalau zaman dulu ketika orang yang ingin mengirim surat harus lewat kantor pos. Namun dengan adanya jejaring internet seperti saat ini, orang lebih mudah dengan menggunakan email jika ingin kirim surat.

Gmail

Entah itu surat cinta, surat resmi atau jenis surat lainnya, akan lebih cepat sampai dengan menggunakan email. Alasannya karena mudah digunakan, cepat sampai tujuan, dan Anda tidak perlu repot-repot pergi ke jasa pengiriman surat. Satu alamat email bisa untuk mengirim surat banyak ke beberapa orang langsung dalam waktu yang bersamaan. Tentunya harus tahu terlebih dahulu alamat email tujuan Anda.

Perlu di ingat alamat disini maksudnya bukan rumah alamat seperti yang mencantumkan nama jalan, RT/RW dan lain sebagainya lo ya! Email juga mempunyai alamat, seperti ini contohnya rudi@gmail.com ini berarti, rudi adalah username dan @gmail merupakan layanan penyedia email, karena saya menggunakan email dari google, maka seperti itu. Jika menggunakan Yahoo, maka bisa username@yahoo.com atau @yahoo.co.id. Nah begitulah kiranya sedikit penjelasan tentang Email atau Surat Elektronik.

Membuat email baru di gmail

Sebenarnya penyedia layanan email yang gratis ada banyak, seperti contohnya ada Yahoo, Hotmail, Gmail. Kenapa memilih Gmail ? karena saat ini gmail paling terkenal yang banyak di minati oleh seluruh pengguna internet di dunia. Setelah mengalahkan pendahulunya yaitu Yahoo.

Selain itu hanya dengan membuat email gmail satu akun, Anda sudah bisa mengakses semua Produk Google secara gratis. Bukan hanya itu, Gmail memang sangat mudah dalam pembuatan dan penggunaanya, juga lebih cepat dalam pengiriman email. Seperti jika Anda ingin membuat blog di blogger atau download aplikasi di Play Store, syaratnya Anda harus punya akun gmail.

Oke langsung saja mari kita simak langkah membuat akun gmail baru yang akan saya sertakan gambar, supaya lebih gampang Anda pahami dan tidak membuang waktu Anda sia-sia hanya untuk membikin email google gratis.

Cara membuat email di gmail lengkap dengan gambarnya

#Langkah 1 : Silahkan Anda kunjungi dulu halaman account.google.com membuat gmail seperti gambar dibawah ini untuk memulai pendaftaran.

Membuat Email Gmail

#Langkah 2 : Isi data formulir lihat gambar beserta keterangan berikut ini.

Langkah Membuat Gmail
Keterangan :

1. Masukan nama depan serta nama belakang
2. Isi dengan usernama yang Anda kehendaki tanpa @gmail.com. Namun jika username yang ingin Anda pakai sudah digunakan orang lain, biasanya google akan memberi rekomen username untuk alamat email Anda, misalnya dengan menambahkan angka dibelakang username tersebut.
3. Isikan kata sandi dengan tingkat kerumitan yang kuat, disarankan menggunakan 8 karakter dengan variasi huruf besar dan huruf kecil serta sisipkan beberapa angka.
4. Ulangi password Anda sama seperti di atas.
5. Isi dengan tahun, tanggal, bulan kelahiran.

#Langkah 3 : Melengkapi formulir pendaftaran.


Langkah Ke-dua Membuat Gmail
Penjelasan :

6. Pilih jenis kelamin.
7. Masukan nomor handphone yang aktif.
8. Isi dengan alamat email Anda yang lain, dan boleh dikosongkan jika tidak ada.
9. Bukti bahwa Anda bukan robot, di centang saja.
10. Pilih negara, dan centang bahwa Anda menyetujui ketentuan dan persyaratan privasi dari layanan ini, kemudian klik Langkah berikutnya.

#Langkah 4 : Masukan nomor handphone Anda yang aktif, kemudian pilih Pesan Teks (SMS) untuk menerima kode yang akan di kirim oleh google, ini berguna untuk memverifikasi akun Anda.

Verifikasi Akun Gmail
#Langkah 5 : Setelah Anda merima SMS kode dari google, masukan kode tersebut kemudian klik Lanjutkan.
Masukan Nomer Verifikasi Email Gmail
Selamat, sampai disini akun gmail Anda sudah jadi. Kemudian bagaimana untuk masuk ke email gmail ? Oke tetap ikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara Login Masuk ke Email Gmail

#Pertama : Masuk ke layanan gmail dengan cara kunjungi Login Gmail
#Ke-dua : Masukan alamat email yang baru saja Anda buat, kemudian klik NEXT (Lanjutkan)
Cara Login di Email Gmail
#Ke-tiga : Masukan juga kata sandi Anda, lalu klik Sig in.
.
Masukan Password Akun Gmail

Sekarang Anda sudah masuk ke layanan email dari gmail, Anda bisa memulai mengatur tampilan seperti dengan mengganti thema layar dengan yang agak lebih keren, dan lain sebagainya

Kemudian, bagaimana untuk keluar atau log out ? Gampang sekali sahabat.
Anda tinggal klik tanda bulat yang di tengah ada hurufnya di pojok kanan atas, lalu pilih keluar. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Cara Keluar dari Gmail
 Baca juga artikel :
Bagaimana sahabat semuanya ? simple serta gampang bukan ? Nah itu tadi tutorial cara membuat email gmail terbaru 2016 yang super lengkap, jika Anda masih kesulitan dalam mengikuti langkah di atas, Anda bisa tinggalkan komentar dibawah artikel ini atau langsung menghubungi saya melalui halaman kontak, saya akan senang hati membantu Anda untuk membuat email baru di gmail .
Terima kasih


EmoticonEmoticon